Metode (Manhaj) Belajar Ilmu Agama Islām
Metode (manhaj) belajar ilmu agama menurut para 'Ulama ada 5 langkah yang harus dipenuhi dalam sebuah majelis taklim (majelis yang mengkaji ilmu agama) :
  1. Membaca, di suatu majelis taklim harus ada bahan bacaan, contohnya Buku makalah tafsir Ayat Al-Kursi yang sedang dibahas ataupun Al-Qur'ān.
  2. Tafhim (memahami) apa yang dibaca
  3. Mengkonsentrasikan pendengaran telinga, karena para 'Ulama mengatakan : anggota tubuh manusia yang paling dahsyat untuk mengakses informasi/ilmu adalah telinganya
  4. Mencatat, Nabi kita mengatakan : Qoyyidul-'ilma bil-kitabah (ikatlah ilmu dengan tulisan), yang dianggap penting untuk dicatat, maka catatlah, itu cara kita mengikat ilmu
  5. Bertanya, bertanya ini kedudukannya dalam agama Islam, Nabi kita mengatakan : husnu sual nishful-'ilm (kemampuan bertanya yang baik, separuh 'ilmu)
Majelis Taklim harus punya 5 syarat ini, kalau kelima syarat ini tidak ada, maka itu bukanlah Majelis Taklim, Majelis Jiping namanya tuh (Ngaji Kuping), sudah pasti tidak akan maksimal ilmu pengetahuan yang kita peroleh dari Majelis Jiping, kalau Majelis Taklim maka kita akan maksimal memperoleh ilmunya.

Metode mentafsir Al-Qur'ān ada 4 :
  1. Ayat dengan bahasa, mentafsirkan 1 kata demi 1 kata dengan bahasa, 1 kata diartikan ke dalam bahasa Indonesia dulu, lalu dijelaskan dalam bahasa Arab apa pengertian yang mendalam dari kata itu.
  2. Ayat dengan Hadits yang shahih, harus ditekankan keshahihannya, karena hadits lebih banyak yang tidak shahih dibandingkan dengan hadits yang shahih, baik yang berkaitan langsung dengan ayat tersebut, ataupun yang tidak berkaitan langsung tapi ada keterkaitannya dengan hadits yang shahih itu.
  3. Ayat dengan ayat, satu ayat ditafsirkan dengan ayat yang lain.
  4. Ayat dengan Asbabun-Nuzul, dengan sebab-sebab turunnya ayat.
Tujuan mempelajari tafsir :
- lihat surat Shad (38) ayat 29 :
كِتَابٌ أَنزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِّيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ
Artinya :
"Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran. "
Slideshow Image 1 Slideshow Image 2 Slideshow Image 3 Slideshow Image 4 Slideshow Image 5 Slideshow Image 6 Slideshow Image 7 Slideshow Image 8