وَ مِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ (٥)
Dengki, iri hati atau hasud --dalam bahasa 'Arabnya-- adalah kerja emosional yang berkaitan dengan keinginan hilangnya nikmat dari orang lain, karena merasa tidak senang terhadap pemberian Allāh kepada orang tersebut.

Az-Zamakhsyarī mengatakan bahwa ayat ini menjelaskan tentang bahayanya kedengkian seseorang ialah ketika ia menampakkan dan melakukan tindakan jahat yang menimbulkan malapetaka terhadap orang yang ia dengki.

Dengki termasuk penyakit hati yang paling berbahaya setelah sombong atau takabur. Rasūlullāh saw. bersabda tentang hal ini :
إِيَّاكُمْ وَالْحَسَدَ فَإِنَّ الْحَسَدَ يَأْكُلُ الحَسَنَاتِ كَمَا تَأْكُلُ النَّارَ الحَطَبَ
Artinya : "Jauhilah oleh kalian akan sifat dengki, karena dengki itu akan memakan (menghabiskan) kebaikan seperti api menghabiskan jerami" (H.R. Abū Dāwūd).

Maksud dari sabda nabi diatas, adalah sebanyak apa pun kebaikan yang dimiliki seseorang, itu tidak akan ada artinya bila ia memiliki sifat dengki atau iri hati terhadap orang lain. Karena sifat iri atau dengki itu akan melumat habis semua kebaikan dirinya, seperti api melumat habis jerami.

Slideshow Image 1 Slideshow Image 2 Slideshow Image 3 Slideshow Image 4 Slideshow Image 5 Slideshow Image 6 Slideshow Image 7 Slideshow Image 8